XtGem Forum catalog
HomeBlogAbout me

Cara Membuat Aplikasi dengan Mudah

Baru-baru ini kita lagi dihebohkan sama salah satu aplikasi drop-in audio chat bernama Clubhouse. Apalagi dengan eksklusifitas yang dimiliki aplikasi ini yang hanya tersedia bagi para pengguna iOS membuat ketenaran aplikasi Clubhouse semakin digandrungi. Bikin iri user android banget nih!

Aplikasi sendiri memiliki artian sebagai aplikasi perangkat lunak atau software yang beroperasi secara independen dari fungsional teknis hingga sistem informasi. Seperti yang udah Anda tau, aplikasi selalu menyediakan fungsi dan fitur yang hanya tersedia bagi user yang sudah download aplikasi tertentu.

Istilah aplikasi biasanya merujuk ke aplikasi yang digunakan pada perangkat seluler untuk smartphone dan tablet. Pembuatan aplikasi memiliki tujuan untuk memberikan solusi spesifik untuk masalah atas kebutuhan para user. Contohnya adalah Clubhouse, yang menyediakan sebuah layanan drop-in audio chat untuk kebutuhan user yang ingin berdiskusi tentang topik tertentu dengan para ahli di bidangnya. Update berita terbaru amazingindonesia.id 

Anda sendiri tau nggak sih gimana caranya membuat aplikasi kayak Clubhouse? Kalau belum, hari ini kami Teknologi Nusantara mau bahas gimana caranya membuat aplikasi yang keren. Simak ya!

1. Temukan dulu idenya

Kalau diibaratkan, membuat sebuah aplikasi sama seperti membuat sebuah lagu atau puisi. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memikirkan dulu ide ingin dikeluarkan. Kalau nggak ada ide, Anda ingin mengatasi masalah apa? Anda bisa banget mengembangkan ide dari nol, nggak menutup kemungkinan juga Anda bisa mengembangkan ide dari aplikasi lainnya yang sudah ada di App Store maupun Play Store. Bisa aja nih, Anda  besok membuat aplikasi tandingan untuk Clubhouse!

2. Melakukan riset kompetitif terhadap pasar

Setelah Anda sudah memiliki sebuah ide dari aplikasi yang ingin dibuat, langkah kedua yang harus Anda lakukan untuk membuat sebuah aplikasi adalah melakukan riset kompetitif terhadap pasar. Anda harus tau, sudah berapa banyak aplikasi serupa yang sudah dibuat, target pasarnya siapa saja, dan apakah aplikasi yang kamu buat bisa laku dipasaran.

3. Mulai memikirkan fitur apa yang akan ada di dalam aplikasi yang kamu buat

Selain melakukan riset pasar sebelum membuat sebuah aplikasi, Anda juga harus mulai memikirkan fitur-fitur apa aja yang bakal ada di dalam aplikasi yang Anda buat. Anda harus memikirkan banget nih, apakah fitur-fitur yang dihadirkan dalam aplikasi bisa membuat aplikasi Anda menjadi sebuah solusi yang dicari oleh para pengguna smartphone.

4. Buat mockup desain Aplikasi

Langkah selanjutnya dalam membuat sebuah aplikasi adalah membuat mockup desain dari tampilan aplikasi yang akan kamu buat. Tampilan aplikasi ini nantinya penting banget untuk diperhitungkan juga loh untuk menarik perhatian para user. Kamu juga perlu ingat kalau user experience adalah hal penting harus selalu kamu perhatikan.

5. Eksekusi mockup desain dengan membuat desain grafis untuk aplikasimu

Dari mockup desain yang sudah kamu miliki, sekarang saatnya kamu membuat mockup desain itu menjadi desain grafis yang lebih nyata. Anda bisa memanfaatkan berbagai platform desain untuk membuat tampilan aplikasimu semakin menarik. Fungsi desain sendiri adalah untuk merepresentasikan final produk dari aplikasi yang kamu buat.

6. Mengatur strategi marketing untuk aplikasi yang kamu buat

Lagi dan lagi, marketing adalah hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat aplikasi. Anda harus membuat strategi marketing seperti membuat landing page, membuat pre-launch email list, dan juga mempelajari ASO atau App Store Optimization supaya aplikasi yang kamu buat bisa menjadi aplikasi terkenal di App Store maupun Play Store.

7. Saatnya membuat aplikasimu

Pada langkah ini kamu bisa belajar secara otodidak untuk membuat aplikasi seperti mempelajari caranya melakukan coding. Anda juga bisa memperkerjakan para developer dan programmer secara freelance atau memanfaatkan perusahaan pengembang seperti kami.

Setelah kamu sudah selesai membuat sebuah aplikasi, sekarang saatnya kamu memasukkan aplikasi buatanmu ke dalam App Store maupun Play Store. Tentu aja setelah melakukan serangkaian tes untuk mencari bug dan error di dalam aplikasi yang kamu buat juga ya Anda.

Nah itu dia tujuh langkah dalam membuat sebuah aplikasi. Dari penjelasan diatas rasanya cukup mudah untuk dilakukan. Kalau kamu kesulitan dalam membuat sebuah aplikasi, kamu bisa banget loh menghubungi kami wahai Anda kesayangan kami. Sedangkan kalau kamu ingin melakukan uji coba atau Quality Assurance test, kamu bisa menghubungi kami, Tunggu apa lagi? Download aplikasi di www.royalriders.id 

Back to posts